Ilustrasi (ANTARA News/Lukisatrio)
Jakarta (ANTARA News) - Thailand berhasil mendominasi perolehan medali dari 11 negara peserta SEA Games XXVI cabang Taekwondo di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, 12-15 November.

Tujuh medali emas dikumpulkan Thailand dari nomor pertandingan Kyorugi Putri di bawah 57 Kg, Putra di bawah 68 Kg, Putri di bawah 67 Kg, Putra di bawah 80 Kg, Putra di bawah 54 Kg, Putri di bawah 49 Kg, dan Putri di bawah 53 Kg.

Tiga perak dikumpulkan Thailand dari nomor Poomsae Tim Putra, Kyorugi Putra di bawah 74 Kg, dan Kyorugi Putra di bawah 58 Kg. Sementara dua Perunggu dari nomor Kyorugi di bawah 63 Kg dan Poomsae Tunggal Putri. Total medali yang terkumpul 12 buah.

Tuan rumah Indonesia berada di urutan kedua dengan raihan enam emas dari nomor Poomsae Tunggal Putra, Poomsae Tunggal Putri, Poomsae Tunggal Putra, Kyorugi nomor Putri nomor 46 Kg, Kyorugi Putra di atas 87 Kg, dan Kyorugi Putra di bawah 87 Kg.

Tiga perak Indonesia dikumpulkan dari nomor Kyorugi Putri di bawah 57 Kg, Kyorugi Putri di atas 73 Kg, dan Kyorugi Putri di bawah 53 Kg. Sedangkan perolehan lima perunggu dua diantaranya dari nomor Kyorugi Putri di bawah 62 Kg, Kyorugi Putra di bawah 74 Kg, Kyorugi Ptri di bawah 73 Kg, dan Kyorugi Putra di bawah 63 Kg. Total raihan emas Indonesia 14 buah.

Pada posisi ketiga diraih oleh Philipina dengan raihan total 12 medali. Empat emas diperoleh dari 

Kyorugi Putri di bawah 52 Kg, Kyorugi Putri di atas 73 Kg, Kyorugi Putra di bawah 58 Kg, Kyorugi Putri di atas 73 Kg, Kyorugi Putra di bawah 58 Kg.

Tiga perak Filipina, diperoleh dari nomor Poomsae ganda campur, Kyorugi Putra di atas 87 Kg, dan Kyorugi putra di bawah 87 Kg. Sedangkan lima perunggu lainnya diperoleh dari nomor Poomsae Tunggal Putra, Kyorugi Putri di bawah 57 Kg, Kyorugi Putra di bawah 68 Kg, Kyorugi Puti di bawah 46 Kg, dan Kyorugi Putri di bawah 49 Kg.

Vietnam menduduki posisi ke empat dengan meraih total 14 medali. Tiga emas dari nomor Poomsae Ganda Campur, Kyorugi Putra di bawah 74 Kg, dan Kyorugi Putri di bawah 73 Kg. Sementara empat peraknya berasal dari nomor Poomsae Tunggal Putra, Poomsae Tim Putri, Kyorugi Putri di bawah 62 Kg, dan Kyorugi Putri di bawah 49 Kg.

Pengumpulan tujuh perunggu Vienam berasal dari Kyorugi Putri di bawah 57 Kg, Kyorugi Putri di bawah 67 Kg, Kyorugi Putra di bawah 80 Kg, Kyorugi Putra di bawah 54 Kg, Kyougi Putra di atas 87 Kg, Kyorugi Putra di bawah 87 Kg, Kyorugi Putri di bawah 53 Kg.

Pada peringkat empat diduduki Laos dengan perolehan total sembilan medali. Terdiri dari satu emas melalui cabang Kyoruugi Putra di bawah 63 Kg. Tiga perak dari nomor Kyorugi Putra di bawah 68 Kg, Kyorugi Putri di bawah 67 Kg, dan Kyorugi Putra di bawah 80 Kg.

Sedangkan lima perunggunya diraih dari nomor Poomsae Tim Putra, Poomsae Ganda Campur, Kyorugi Putra di bawah 74 Kg, Kyorugi Putri di bawah 49 Kg, Kyorugi Putra di bawah 58 Kg.

Malaysia berada pada peingkat keenam dengan mengumpulkan total empat medali, dua perak dari nomor Kyorugi Putri di bawah 46 Kg dan Kyorugi Putri di bawah 53 Kg. Sedangkan dua perunggunya dari 

Poomase Ganda Campur, dan Kyorugi Putra di bawah 68 Kg.

Posisi ketujuh ditempati Kamboja dengan raihan total empat medali. Satu perak dari Kyorugi Putri di bawah 73 Kg. Tiga perunggunya diperoleh dari nomor Kyorugi Putri di bawah 62 Kg, Kyorugi Putra di bawah 87 Kg, dan Kyorugi Putri di bawah 53 Kg.

Pada posisi kedelapan ditempati Singapura dengan raihan total tiga medali. Satu perak dari Poomsae Tunggal Putri dan dua perunggu dari nomor Kyorgi Putri di bawah 73 Kg, Kyorugi Putra di bawah 58 Kg.

Posisi sembilan di tempati Myanmar dengan raihan total dua medali masing-masing satu perak dari Kyrugi Putra di bawah 54 Kg dan satu perunggu dari Kyorugi Putri di bawah 67 Kg.

Posisi 10 ditempati Brunai Darussalam dengan raihan total satu medali perunggu dari nomor Kyorugi Putra di bawah 80 Kg.

Peringkat terakhir ditempati Timor Leste dengan raihan total satu medali dari nomor Kyorugi Putri di bawah 46 Kg. 
(KR-AFR)
Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011